Personil Polres Biak Numfor Jalani Vasinisasi Covid-19 Tahap 1

0
5

BIAK – Sebanyak 38 orang anggota Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor bersama 15 orang Siswa SPN Polda Papua dan 16 orang Nakes Apoteker Biak Farma melakukan Vaksinasi Covid – 19 Tahap I, di Aula R Soedjoko Polres Biak Numfor. Senin (9/3/2021).

Mewakili Kapolres Biak Numfor, Kabag Ops Kompol Irfan Rumasoreng menyebutkan bahwa total keseluruhan Vaksin Tahap I di Polres Biak Numfor yakni sebanyak 65 Orang. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis yaitu dilakukan oleh Dokter, Perawat atau Bidan yang memiliki kompetensi dibuktikan dengan kepemilikan surat tanda registrasi (STR).

Tujuan Vaksinasi covid 19 adalah Membentuk kekebalan kelompok (Herd immunity ), Menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid 19, Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Sebelum vaksin, ada beberapa tahapan yang harus dilewati, akan dilakukan screening test bagi yang melaksanakan vaksinisasi, jadi jika yang memiliki riwayat penyakit tidak disarankan untuk melanjutkan proses suntik vaksinasi,” ujarnya.

Sementara itu, Dokter Klinik Polres Biak Dr. Ulfa. S Madamar, melalui Penyampaiannya dalam sosialisasi kebijakan Vaksinasi Covid – 19 bahwa Kementerian Kesehatan telah menyiapkan peraturan SDM administrasi logistik jaringan fasyankes dan sistim Monev untuk pelaksanaan vaksinasi covid 19. Aspek legal pelaksanaan vaksin covid19 berdasarkan Perpres Nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi covid 19 dan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang perubahan atas Perpres Nomor 99 tahun 2020.

“Kita lakukan skrining penapisan terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi, ini tujuannya agar memperkuat kesehatan agar terlindungi dari paparan covid-19, selain itu vaksin dapat mencegah beberapa penyakit menular berbahaya seperti penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi pd31 yaitu campak, polio, Hepatitis B l, tuberkolosis, difteri, pertusis, tetanus, influenza, kanker serviks yang disebabkan infeksi virus HPV,” jelas Dr Ulfa.

Ia berharap Vaksinasi bagi anggota Polres ini menjadi contoh agar masyarakat tidak ragu untuk di Vaksin demi melindungi diri dari bahaya covid-19, agar masyarakat tidak terpengaruh info hoax (tidak benar) terkait vaksinisasi yang selama ini beredar.

(Hms/Tdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here