Kapolres Biak Numfor Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara Virtual

0
7

Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK bersama Forkopimda Kabupaten Biak Numfor mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara Virtual di Sasana Krida Kantor Bupati Biak dengan dengan tema “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”, Selasa (01/06/2021).

Upacara secara virtual dihadiri oleh Sekretaris Daerah Biak Numfor Markus O Mansnembra. SH,.MM, Ketua DPRD Biak Numfor Ibu Milka Rumaropen, Ketua Pengadilan Negeri Biak Ibu Helmin Somalay, SH. MH, Para OPD dilingkungan Pemda Biak.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) tetap mematuhi protokol kesehatan dengan peserta upacara menjaga jarak dan menggunakan masker.

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan, kita laksanakan peringatan hari lahir Pancasila,  untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antara pandangan rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” ucap Presiden Joko Widodo.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi landskape kontestasi ideologi revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara ketika konektivitas melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat.

Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi- ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan usia tidak mengenal lokasi dan waktu, kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini.

Pendalaman nilai-nilai  Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Pancasila harus menjadi pondasi perkembangan ilmu dan teknologi yang berkeIndonesiaan.

“Kita harus bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here